investasi terpercaya

5 Investasi untuk Pemula Aman Terpercaya

Sebagai seorang amatir, banyak orang berpikir bahwa berinvestasi membutuhkan modal yang besar. Padahal ada banyak jenis investasi untuk pemula dengan modal mulai dari Rp 50.000.

Dengan modal kecil, Anda bisa mulai berinvestasi kapan saja. Semakin cepat selesai, semakin banyak manfaat yang akan kita dapatkan.

Jika Anda masih ragu, berikut beberapa rekomendasi jenis investasi yang aman dan terpercaya yang cocok untuk pemula.

Deposito

Deposito tetap merupakan produk investasi berjangka yang dapat menguntungkan dalam jangka waktu tertentu sampai dengan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan 2
bulan.

Keuntungan yang diberikan oleh deposito biasanya tergantung pada kebijakan masingmasing bank. Laba biasanya mulai dari
7% per tahun dan deposito di atas Rp 7 juta dikenakan pajak sebesar 20%.

Investasi deposito terkenal dan banyak dipilih karena merupakan jenis investasi yang aman dan minim risiko. Investasi dalam bentuk deposito sangat aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
Deposito berjangka tidak terlalu panjang dan cocok untuk investasi jangka pendek seperti dana pendidikan anak dan dana persalinan.

Reksadana

Produk investasi yang sangat populer dan menjadi tren karena dapat diinvestasikan dengan modal awal yang rendah. Keuntungannya juga sangat menjanjikan dan bisa mencapai 20% per tahun.

Jadi uang yang kita investasikan akan dikelola oleh manajer investasi profesional yang menyalurkan modal yang kita investasikan di pasar uang untuk menghasilkan keuntungan.
Keuntungannya memang cukup besar, namun hal ini tergantung dari harga produk investasi di pasar uang. Jika sudah turun, kita bisa mengurangi modal yang kita setorkan.

Emas

Emas berfluktuasi, tetapi tetap menjadi salah satu investasi paling populer karena harga cenderung naik. Jika nilainya turun, jumlahnya tidak begitu penting.
Keuntungan lain dari investasi emas adalah likuiditasnya yang tinggi. Jadi jika Anda membutuhkan uang, Anda selalu dapat menemukannya dengan cepat.
Sebaiknya Anda memilih investasi emas untuk investasi jangka panjang selama 10 hingga 20 tahun ke depan. Melakukan hal itu juga akan meningkatkan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Misalnya untuk membiayai pendidikan anak ke perguruan tinggi atau haji ke Mekkah.

  5 Daftar Aplikasi Investasi Terbaik 2021

Surat Berharga Negara (SBN)

Belakangan ini, kaum milenial juga mulai menaruh perhatian untuk berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN). Hal ini karena pembelian obligasi pemerintah semakin mudah diakses dan kini dapat dilakukan secara online.
Surat Berharga Negara (SBN) adalah jenis investasi berupa surat utang yang dapat dibeli dari pemerintah. Jenis investasi ini juga menjanjikan pengembalian yang signifikan. Ini lebih dari 6n sangat aman karena dijamin oleh pemerintah.

Berikut merupakan tiga jenis Surat Berharga Negara (SBN):
– Savings Bonds Ritel (SBR) dalam bentuk obligasi pemerintah
– Tabungan sukuk dalam bentuk surat berharga syariah negara
– Obligasi Negara Ritel (ORI) berupa SUN yang dijual kepada investor perorangan
Modal yang harus kita keluarkan untuk melakukan investasi ini dimulai dari Rp 1 juta.

Saham

Ekuitas juga merupakan pilihan investasi terbaik karena keuntungannya yang tinggi. Bahkan, sebagian orang terkaya di dunia bisa hidup mewah dari keuntungan berinvestasi saham.

Namun, pastikan Anda meneliti dengan benar sebelum memulai investasi ini. Jangan meminjam ratusan juta dolar untuk berinvestasi di saham. Namun hal tersebut tidak dapat dikelola dengan baik bahkan dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Sebelum Anda memasuki pasar saham, teliti dulu aturan saham dan permainannya. Hal ini penting karena ekuitas adalah investasi yang berisiko dan spekulatif. Anda dapat memilih dari sejumlah besar jenis investasi saham untuk pemula.

Itulah lima jenis investasi untuk pemula yang bisa kita coba. Ya, pastikan untuk memilih investasi yang terdaftar di OJK dengan aman. Semoga beruntung!